Sharing file dalam jaringan

Yang menjadi salah satu pertimbangan dibangunnya sebuah jaringan adalah setiap komputer yang terhubung ke jaringan dapat saling bertukar informasi, data maupun sumber daya. Data dan informasi dapat berupa sejumlah file (dokumen, spreadsheet, film, dan lainnya) ataupun folder dan bahkan drive. Sedangkan sumber daya yang dapat di sharing (dibagikan) dalam jaringan bisa berupa printer, scanner dan piranti lainnya. Disini kita Akan membicarakan bagaimana langkah membagikan/sharing sumber daya dan data pada komputer yang terhubung ke jaringan.

Sharing File dan Folder

Berikut langkah-langkah sharing folder agar dapat diakses komputer dalam jaringan:

1. Buka Windows Explore

2. Klik kanan folder atau drive yang akan di sharing (kita ambil contoh folder MOVIE seperti dibawah ini) lalu klik Properties.

2. Jendela dibawah ini akan muncul setelah Anda klik Properties, silahkan Anda klik tab sharing.

3. Tampilan tab sharing akan muncul seperti gambar berikut:

Klik atau contreng (kayak pemili aja J ) pada tulisan Share this folder on the network untuk mengaktifkan sharing folder yang dimaksud (dalam contoh ini folder MOVIE). Share name > dapat diisi nama folder yang disharing, sebagai catatan: nama folder yang tampil di komputer klien dapat dirubah dengan dengan mengetikkan kedalam Share name. Misalnya folder MOVIE ketika diakses komputer lain akan terlihat dengan nama folder FILM atau Video.

Masih ada satu lagi yang perlu dipahami, yaitu Allow network users to change my file > jika Anda klik atau memberi tanda contreng pada kotak disamping tulisan tersebut, itu artinya Anda memberikan hak akses penuh terhadap folder yang Anda Sharing. Hak akses yang dimaksud berupa membaca file, mengubah/mengedit dan bahkan menghapus file dalam folder yang di sharing bila Anda memberi tanda contreng pada tulisan Allow network users to change my file. Tetapi bila Anda hanya mengijinkan folder Anda untuk dibaca dan di-copy saja maka jangan diberi tanda contreng pada tulisan Allow network users to change my file.

4. Langkah pamungkas adalah klik OK. Anda akan melihat folder Anda telah di share, icon folder yang di share akan sedikit berbeda dengan yang tidak di sharing. Coba Anda amati perbedaan icon folder dibawah ini:

Untuk lebih jelasnya ada baiknya Anda lihat video cara men-sharing folder dibawah ini:

Sharing Printer

Printer dalam sebuah jaringan harus “sedikit di setting” agar dapat dimanfaatkan oleh komputer lain. Langkah pertama adalah “mengijinkan” printer di salah satu komputer untuk dapat digunakan oleh komputer lain; istilah ini dikenal dengan sharing printer atau berbagi penggunaan printer.

Anda bisa mendapatkan video mengenai sharing printer dengan men-downloadnya disini

Selain itu Anda dapat membaca langkah demi langkahnya sebagai berikut:

Membuka properties printer, yaitu dengan klik start > Settings dan klik Printers and Faxes. Anda bisa melihat ilustrasi pada gambar dibawah ini.

Jika tampilan Windows XP Anda tidak seperti gambar diatas (Classic Startmenu), Anda dapat merubahnya dengan membaca tulisan ini. Setelah Anda klik Printers and Faxes, akan tampil jendela seperti pada gambar berikut:

Untuk mengatur sharing printer, Anda klik kanan pada gambar priter yang akan di share (contoh pada gambar adalah priter jenis HP Laser Jet 1020), kemudian klik properties. Maka akan muncul tampilan dibawah ini:

Bila sudah muncul seperti pada gambar diatas, klik tab Sharing sehingga tampilannya akan menjadi seperti pada gambar dibawah ini:

Klik Share this printer untuk mengaktifkan sharing printer dan Do not share this printer me-non aktifkan sharing printer. Karena Anda berencara meng-sharing printer maka Anda klik yang Share this printer lalu klik tombol Apply atau Ok.

Jika berhasil tampilan icon printer pada area printer task akan berubah. Perhatikan perbedaan icon printer yang belum di sharing dan yang icon printer yang sudah di sharing dibawah ini:

Iklan

Tentang ridwansyah

Guru hoby membaca, berkebun.
Pos ini dipublikasikan di jaringan, tkj. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s