Sharing Akses Internet (ICS) dengan Modem 3G

ali ini saya akan sharing tentang cara membuat atau melakukan sharing Akses Internet dengan ICS ( Internet Connection Sharing ) dari akses Internet mengunakan Modem 3G. ISP yang saya gunakan adalah Indosat M2 Broom Unlimited, namun kita juga bisa melakukan dan mengunakan ICS ini dengan segala macam ISP kita ( Telkomnet, Speedy, 3G, BlackBerry, dll ).

ICS ini merupakan yang paling Simple dan sederhana, selanjutnya setelah memahami teknis ICS ini nantinya akan lebih mudah dalam melakukan konfigurasi dengan software Sharing Akses Internet seperti WinGate, WinRoute, WinProxy, Kerio WinRoute, UserGate Proxy & Firewall, Proxy Pro Gateway, dll.

Pertamax : Masuk ke menu Setting Control Panel -> Network Connection. Lalu Klik Kanan Interface koneksi Modem kita, lalu pilih Properties. Dalam memanfaatkan fitur ICS ini, Windows mensyaratkan agar Service Firewall OS Windows kita harus aktif. Jadi kita Firewall kita belum aktif maka kita harus lakukan setting pada menu “Control Panel” -> “Administratif Tools” -> “Services” -> “Windows Firewall/ICS”.

Kedua : Pilih menu tab Advanced, lalu aktifkan / centang / Checkmark Internet Connection Sharing. Lalu pilih Interface LAN yang akan kita sambungkan ke Switch atau ke Access Point atau langsung ke PC lain ( pake Cross Cable ). Dapat juga kita pilih interface Wifi kita lalu Wifi Adapter ini di setting AdHoc sebagai Infrastruktur / Access Point ( tergantung fitur Wifi Adapter anda loh, support / bisa jadi AP atau tidak ).

Ketiga : Setelah selesai tahap kedua tadi lalu kita klik oke dan akan muncul komentar seperti dibawah ini, yaitu IP Address interface LAN kita menjadi 192.168.0.1. Selanjutnya klik Yes untuk memulai mengaktifkan fitur ICS ini.

Keempat : Selanjutnya kita aktifkan Koneksi 3G kita.

Kelima : Lalu kita cek status koneksi baik 3G maupun LAN sudah Connected

Keenam : Cek IP Address LAN kita sudah mengunakan IP Address 192.168.0.1.

Ketujuh : Selanjutnya kita lakukan setting pada PC / Laptop Client agar dapat memanfaatkan akses Internet dari PC / Laptop HOST diatas tadi. Masuk ke menu Control Panel lalu pilih Network Connection terus pilih Local Area Connection. Lalu klik kanan trus pilih Properties dan kita setting IP Address-nya seperti pada langkah ke-delapan.

Kedelapan : Setting IP Address PC / Laptop Client seperti contoh dibawah ini. Misalnya mengunakan IP Address : 192.168.0.2. Lalu setting Gateway-nya : 192.168.0.1 ( IP Address Interface LAN yang sudah kita setting ICS tadi ). IP DNS Server-nya adalah IP DNS Server dari Indosat M2 : 202.155.0.10 dan 202.155.0.10.

Kesembilan : Kita bisa lihat hasil setting dari Command Prompt dengan perintah ipconfig /all. Kita juga dapat melakukan Test Ping ke suatu websites atau ke suatu IP Public yang lain.

Kesepuluh : Buka Web browser lalu akses ke suatu Websites dan hasilnya…….. TARRRRRAAAAAA… berhasil….

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

OPTION YANG LAIN, dapat juga kita lakukan setting pada PC Client kita seperti capture dibawah ini :

Lakukan setting pada “Control Panel” -> “Internet Option”.

Lalu Klik Tab “Connection”.

Lalu Klik Tab “LAN Setting”. Lalu masukkan IP Gateway kita 192.168.0.1 dengan Port 80.

Selanjutnya kita coba PC Client kita untuk Browsing Internet dengan Internet Exporer atau Google Chrome. Jika kita gunakan Mozilla Firefox maka kita harus melakukan setting Proxy melalui menu Tools -> Option -> Network –> Proxy.

Selain mengunakan setting Proxy pada Client, kita juga bisa mengunakan IP Interface ICS (LAN) : 192.168.0.1 sebagai IP Gateway dan IP DNS ISP ataupun IP DNS NAWALA. Selanjutnya bisa juga ditambahkan Mikrotik sebagai Router / Gateway untuk mengatur distribusi dan bandwith manajemen untuk kita kembangkan sebagai bisnis RT-RW Net. Dari Mikrotik di salurkan ke Switch ataupun ke Access Point, sesuaikan dengan kebutuhan anda masing-masing. Yang pasti, akses internet modem ICS dari Modem 3G begini pernah saya implementasikan untuk Workshop, Demo ataupun Trial untuk ujicoba jaringan internet…

Iklan

Tentang ridwansyah

Guru hoby membaca, berkebun.
Pos ini dipublikasikan di jaringan, TIK, tip triks, tkj. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s