jaringan komputer

Brainstorming Awal Dalam Membangun Infrastructure Jaringan komputer Pada Organisasi Anda

Jaringan komputer pada awalnya merupaka kata-2 yang asing sekali didengar di telinga kita pada awal tahun 70-an. Mungkin hanya sebagian kecil saja yang mengerti atau bahkan mendengar kata-2 jaringan komputer. Jaringan komputer bisa memungkinkan beberapa komputer untuk saling berbagi dan bertukar data satu sama lainnya melalui suatu infrastruktur jaringan komputer. Jaringan komputer pertama kali di design oleh ARPA (Advanced Research Projects Agency) yang diperuntukkan kepada departemen pertahanan Amerika Serikat pada awal tahun 1970-an.

Di era digital sekarang ini, sebagian besar orang yang hidup dikota-2 besar dirumahnya sudah tersedia sebuah komputer desktop atau notebook. Anda tahu sendiri kan betapa hampir semua orang yang mempunyai komputer atau laptop dirumah mereka terhubung dengan internet ke dunia luar sana yang merupakan suatu jaringan komputer. Bahkan dirumah-2 yang mempunyai banyak anggota keluarga mempunyai lebih dari satu komputer yang terhubung secara sederhana membentuk jaringan.

Kemungkinan anda telah mempunyai suatu jaringan komputer di rumah, sadar atau tidak jika komputer atau laptop anda dirumah terhubung dengan internet baik melalui koneksi dial-up atau melalui koneksi broadband kabel misal Speedy Telkom ke penyedia internet – ISP (Internet Service Provider) anda. Jika anda bekerja sebagai suatu system administrator atau system engineer di kantor dimana anda bekerja, anda harus paham betul dengan design jaringan yang telah di design oleh consultant system engineer anda sebelumnya.

Kembali seperti gambaran dalam halaman muka tentang gambar sederhana yang menggambarkan tiga tempat yang akan saling berhubungan dengan suatu jaringan komputer, saya asumsikan anda sebagai system administrator dari suatu perusahaan tambang Guinea Smelter yang mempunyai kantor pusat di Hongkong dan tambang di remote site di afrika barat Guinea.

Sebagai fresh graduate yang baru lulus dari jurusan System informatika anda dituntut untuk bisa merealisasikan suatu project untuk membuat suatu jaringan komputer yang mengbungkan kantor pusat di Hongkong dan kedua site tambang yang masing ada di Lumpur Sidoarjo dan juga di Guinea di Afrika barat sono. Satu lagi bahwa perusahaan anda menginginkan juga fasilitas system messaging – email exchange sendiri sebagai system komunikasi messaging buat perusahaan tempat anda bekerja.

Wuohh …gak kebayang dech anda bakal mempunyai tugas yang bakal bejibun yang bisa bikin anda kelepek-kelepek jika anda belum mempunyai pengalaman sama sekali menangani project beginian. Apa yang bisa anda kerjakan untuk memulai project ini.

Pertama kali anda harus membuat suatu brain storming …ngumpulin data sebanyak-2 nya untuk menunjang project ini. Pengumpulan data sebanyak-2nya ini sangat penting sekali agar anda bisa membuat suatu network design infrastruktur jaringan komputer berdasarkan data yang bakal anda peroleh nantinya. Anda harus memulai mengumpulkan data-2 seperti pertanyaan-2 berikut:

  1. Berapa user yang akan memakai komputer pada kantor pusat di Hongkong dan kedua site tambang baik di Sidoarjo maupun di Guinea. Hal ini sangat penting untuk bisa membuat design alokasi IP address yang bakal dipakai di kantor pusat dan di kedua kantor tambang nantinya dan sudah termasuk didalamnya design subnetnya juga.
  2. Anda juga harus memeriksa bagaimana pasokan power listrik di ketiga tempat tersebut, seberapa bagus supply listriknya dan juga system grounding nya juga perlu diperiksa. Hal ini penting untuk men-design backup power jika power utama lagi bermasalah dan tidak tersedia sehingga system jaringan komputer bisa tetap berjalan setidaknya kalau terjadi downtime hanya sebentar saja.
  3. Apakah policy anda nantinya akan mengijinkan karyawan atau level managemen saja bisa mengakses jaringan komputer secara remote saat mereka bepergian untuk keperluan bisnis perusahaan atau tidak? Apakah anda juga harus membangun suatu jaringan virtual private? Anda perlu mendesign endpoint security atau security di bagian entry point anda dengan jaringan untrusted – jaringan internet public. Security firewall anda harus dedesign sedemikian rupa agar betul-betul hanya menginjinkan authorized user saja yang bisa masuk ke jaringan komputer anda dari internet, sehingga infrastructure anda betul-2 aman dari segala ancaman keamanan dari internet.
  4. Apakah ada penyedia jaringan telepon di kantor tambang anda di Guinea sana? Biasanya sich kalo namanya daerah tambang itu yach didaerah remote yang sulit dijangkau oleh fasilitas public seperti jaringan telpon. Untuk itu anda harus bekerja sama dengan vendor setempat yang bisa menyediakan jasa sambungan satellite untuk kebutuhan Wide Area Network anda. Kalau memang terjangkau telpon public, apakah anda akan menggunakan jaringan frame relay untuk koneksi WAN anda, atau jaringan point-to-point, apakah anda juga memerlukan jaringan ISDN atau lainnya.
  5. Duduklah bersama management anda dan diskusikan tentang seberapa kritis system jaringan komputer anda nantinya akan berjalan. Hal ini akan membantu anda untuk mendesign system redundancy; apakah nantinya anda perlu membangun system cluster; load balance atau tidak diperlukan system redundancy karena terbatasnya budget. Service level agreement harus dibuat untuk semua services yang bakal anda design dalam jaringan komputer anda.
  6. Jika sudah tersedia beberapa komputer di kantor pusat anda atau di kedua tempat tambang anda, periksa apakah komputer-2 tersebut sudah mempunyai LAN card atau belum. Hampir semua komputer baru sekarang ini sudah terpasang dengan LAN card built-in dan bahkan laptop baru sekarang sudah terpasang built-in LAN card dan wireless network card – Wi-fi card.
  7. Bagaimana lokasi antar bangunan yang akan saling terhubung nantinya dengan jaringan komputer anda. Apakah antar bangunan itu terpisah jauh atau bahkan tidak memungkinkan untuk di hubungkan dengan kabel jaringan atau kabel LAN, maka anda perlu mendesign dengan menggunakan jaringan Wireless LAN untuk menunjang infrastruktur jaringan komputer anda.
  8. Lakukan wawancara dengan beberapa user kunci dari masing-2 departemen bagaimana mereka akan mengelola datanya. Misalkan departemen keuangan, bagaimana mereka menginginkan keamanan data keuangan perusahaan? Anda perlu melakukan suatu security assessment yang akan mempengaruhi design keamanan jaringan komputer anda nantinya, apakah anda perlu membuat segmen jaringan khusus departemen keuangana atau tidak.
  9. Dan masih banyak sekali tergantung kondisi perusahaan anda, anda bisa mengumpulkan sebanyak mungkin data yang anda perlukan untuk menunjang design jaringan komputer anda.

Jika anda rasa data yang terkumpul sudah cukup maka anda sudah bisa memulai untuk merencanakan jaringan komputer anda berdasarkan data yang telah anda kumpulkan.

Tentang ridwansyah

Guru hoby membaca, berkebun.
Pos ini dipublikasikan di jaringan, tkj. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s