Muhadist indonesia terkenal di dunia

Muhaddits Indonesia yang dikenal dunia
Banan – Kamis, 12 Zulqa’dah 1436 H / 27 Agustus 2015 09:00

Laporkan iklan tak layak ⤴
(Arrahmah.com) – Muhaddits secara bahasa adalah orang yang meriwayatkan (rawi) hadits Rasulullah ﷺ. (Mu’jam Al Wasith, hal.160). Namun, dalam ilmu Musthalah Al Hadits, ditetapkan syarat hingga seorang perawi disebut Muhaddits.

Syarat mengenai mereka yang layak disebut Muhaddits itu sendiri dikembalikan kepada kriteria yang ditetapkan para Huffadz dan Muhaditsun.

Dari syarat-syarat yang ditetapkan, orang yang belum memiliki periwayatan hadits, tidak menyimak hadits dari para perawi dan muhadditsun sebelumnya, atau mungkin hanya memperoleh ijazah dalam kitab-kitab tertentu saja, belum lantas memenuhi syarat untuk disebut sebagai Muhaddits.

Terdapat 8 Muhaddits hebat dari Indonesia yang dikenal dunia, di mana salah seorang di antara mereka, yakni Syaikh Yasin Al Fadani, tidak menyebutkan bahwa dirinya adalah salah satu dari ulama Nusantara yang banyak memiliki periwayatan.

Namun para ulama dunia Islam mengakui bahwa ia memiliki banyak periwayatan. Berikut ulasannya, yang dipublikasikan Hidayatullah.com pada Jum’at (7/8/2015).

Al Musnid Al Ashr Syaikh Yasin Al Fadani menyebutkan bahwa siapa saja yang meriwayatkan hadits, baik yang memiliki ilmu tentangnya atau tidak, maka ia bisa disebut sebagai musnid.

Namun di kurun terakhir, tidak bisa seseorang disebut sebagai musnid kecuali memiliki periwayatan yang cukup banyak yang bersambung kepada para imam dari barat hingga timur.

Dan Muhaddits yang bermakna sesuai dengan klasifikasi di atas bisa dipenuhi syaratnya oleh 130 ulama dari Nusantara, yang mencakup Indonesia, Malaysia dan Thailand. Dan dari mereka, ada 7 ulama yang memiliki periwayatan paling banyak dan semua berasal dari Indonesia.

Dalam komentarnya terhadap Kifayah Al Mustafid li ma ‘Ala min Al Asanid, Syaikh Yasin Al Fadani memperinci ketujuh ulama tersebut, di antaranya adalah:

Iklan

Tentang ridwansyah

Guru hoby membaca, berkebun.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s