bismillahi…
“HIKMATUL LAIL”
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

🍁 Syukur Menurut Salaf 🍁

🍂 Ibnul Qayyim berkata, “Sesungguhnya syukur itu ialah menyibukan diri dengan ketaatan kepada Allah.” (Madarijus Salikin, Ibnul Qayyim, 1/499)

🍂 al-Hasan berkata, “Barangsiapa tidak menganggap nikmat dari Allah melainkan pada makanan, minuman,atau pakaian, berarti ilmunya sangat dangkal dan siksaan dari-Nya akan menghampirinya.” (asy-Syukru Lillahi Ta’ala, Ibnu Abi Dunya, hal 72)

🍂 Wahab bin Munabih berkata, “Pokok nikmat ada tiga;
👉🏼 Pertama, NIKMAT ISLAM yang tidak akan sempurna kenikmatan tanpanya
👉🏼 Kedua, NIKMAT SEHAT yang tidak akan terasa manis hidup itu melainkan dengannya
👉🏼 Ketiga, NIKMAT MERASA CUKUP yang tidak akan sempurna penghasilan itu tanpanya.” (asy-Syukru Lillahi Ta’ala, Ibnu Abi Dunya, hal 67)

🍂 Mutharif bin Abdillah berkata,“Aku mengamati sehat dan syukur, maka aku mendapati dalam keduanya berupa kebaikan bagi dunia dan akhirat. Karena itu, saat aku diberi kesehatan lantas aku bersyukur lebih aku cintai daripada saat aku diberi cobaan lantas aku bersabar.” (Uddatush Shobirin, Ibnul Qayyim, hal. 100)

______________________

Tentang ridwansyah

Guru hoby membaca, berkebun.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

