10 penghalang rezeki

Dalam sebuah kesempatan, Ustadz Yusuf Mansur yang kita kenal sebagaiustadz sedekah memberikan ceramahnya tentang rezeki. Masalah rezeki memang selalu menarik untuk disimak, karena hal ini seringkali menjadi pembicaraan serius dalam kehidupan kita. 

Ustadz Yusuf membeberkan, setidaknya ada 10 dosa besar yang bisa menghambat rezeki. Dosa-dosa tersebut bisa dosa kepada Allah dan bisa juga dosa kepada sesama manusia. Bila rezekimu sedang kurang lancar, cobalah instropeksi diri, apakah ada salah satu atau beberapa dosa besar yang kamu lakukan seperti yang saya kutip dari Ustadz Yusuf Mansur berikut?

10 Dosa besar penghalang rezeki :

Syirik

ilustrasi syirik / novieffendi.comSyirik adalah suatu perbuatan menyekutukan Allah. Mengakui adanya hal lain yang lebih dari Allah. Ini termasuk dosa besar yang tak diampuni. Dan hal ini menjadikan rezeki terhambat. Baca : 3 Amalan ringan penghapus dosa ini seringkali diabaikan

Meninggalkan sholat

jangan sekali-kali meiniggalkan sholat

Sholat merupakan tiang agama, dan hal ini adalah wajib ditunaikan bagi setiap orang islam. Meninggalkan secara sengaja adalah dosa besar. Sholat tepat waktu dan berjamaah di masjid sangat bagus untuk mengundang pertolongan Allah kepada kita. Jika adzan sudah berkumandang, bergegaslah ke masjid untuk sholat berjamaah. Jangan lupa juga untuk menambahnya dengan sholat sunnah tahiyatal masjid maupun rawatib. Baca : Ini golongan yang tidak diterima sholatnya

Zina

pacaran / datingasociopath.comZina juga termasuk dosa besar. Tren zina yang saat ini berkembang dan hal itu dianggap biasa oleh sebagian besar masyarakat adalah pacaran. Pacaran sebelum menikah sangatlah berbahaya. Meski dalihnya hanya untuk penjajakan dan hanya lewat telepon atau media sosial. Ingat! Jangan sekali-kali mendekati zina, karena zina itu perbuatan keji dan munkar.

Durhaka pada orang tua

Malin kundang, simbol kedurhakaan pada orang tua / tilulas.comZaman sekarang, hal ini juga seakan menjadi tren. Ingat beberapa waktu lalu, ada seorang anak yang memaki ibunya melalui media sosial. Apakah hal itu patut? Tentu tidak. Ingat! surga ada di telapak kaki ibu. Durhaka kepada kedua orang tua sama saja menjauhkan diri dari surga. Sekaligus menjauhkan dari rezeki yang halal.

Minum minuman keras

minuman keras / ylakeland.comMinuman keras bukan berarti minum es batu ya. Tapi yang dimaksud adalah minuman memabukkan. Minuman keras atau khamr merupakan minuman memabukkan yang jelas-jelas ini mengakibatkan banyak kemudharatan bagi tubuh. Karena itu, jauhilah minuman keras apapun bentuknya.

Fitnah dan bersaksi palsu

jangan suka fitnah / indonesiana.tempo.coMulutmu harimaumu. Ungkapan ini seolah menjawab semua dari keburukan fitnah dan bersaksi palsu. Terkadang mulut susah untuk dikendalikan, namun cobalah berkata yang baik atau diam. Baca :Inilah faktor-faktor yang menjadi penghalang rezeki

Ghibah

jangan suka membicarakan orang / thegoodmanagementblog.comGhibah atau yang sering kita sebut gosip, adalah suatu perbuatan membicarakan keburukan orang lain, dan hal ini tergolong dosa besar! Hati-hati menonton acara gosip-gosip di TV!

Rezeki haram

gambar sekedar ilustrasi / albalaghmedia.comRezeki haram bisa memutus rezeki halal, karenanya rezeki haram termasuk dosa besar penghalang rezeki halal. Maka dari itu, perolehlah rezeki dengan cara yang halal, serta dari usaha yang halal.

Kikir (pelit)

ilustrasi orang pelit / plibim.comKikir juga termasuk dosa penghalang rezeki. Maka dari itu, jauhilah sikap kikir ini. Sebaliknya, dermawan dan suka menolong merupakan sikap mulia yang mengundang rezeki.

Memutus silaturahim

ilustrasi memutus silaturahim / mediaislamia.comDaripada memutus silaturahim, lebih baik menyambungnya. Karena menyambung silaturahim adalah suatu amalan yang dapat mendatangkan rezeki.

Itulah dosa besar yang menjadi penghalang atau terhambatnya rezeki. Mari instropeksi diri, dan semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rezekinya kepada kita semua. Aamiin.

Tentang ridwansyah

Guru hoby membaca, berkebun.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s