Mobil

MENGAPA PRODUSEN OTOMOTIF MENCIPTAKAN MOBIL DENGAN BERBAGAI JENIS YANG BERBEDA-BADA ?

dan mengapa Tuhan juga menciptakan anak-anak dengan tipe dan jenis yang berbeda-beda ?

Ayah bunda dan para guruku tercinta dimanapun berada, Apa kabarnya akhir pekan ini ?  Semoga sehat dan bahagia selalu.

Sahabatku tercinta,

Tahukah kita mengapa perusahaan mobil menciptakan mobil dengan berbagai macam ragam jenis yang berbeda-beda, mulai dari Jenis Sedan, MPV (Multy Purpose Van), SUV (Sport Utilities Vihecle), Jenis Truck, Bus, Pemadam Kebakaran, Mobil Derek, Mobil Fork Lift, Mobil Box, Mobil Cilinder, Ambulans, Mobil Molen Semen dan termasuk mobil Balap Formula  yang di kendarai pembalap Rio dari Indonesia atau Michael Schumacher dari Jerman ?.

Karena berbagai jenis kendaraan ini diciptakan untuk fungsi dan tujuannya masing-masing untuk menjalankan fungsinya yang berbeda-beda.

Mobil Balap Formula untuk kecepatan, Mobil Sedan untuk kenyamanan, Mobil MPV untuk bisa mengajak keluarga, Mobil SUV untuk bisa wisata ke alam bebas dan pegunungan, mobil Truck untuk mengangkut beban berat, mobil Bus untuk mengangkut banyak penumpang, mobil derek untuk mengangkat barang di ketinggian, mobil Cilinder untuk menghaluskan jalan, mobil molen Semen untuk mengecor jalan dan bangunan dan sebagainya.

Perbedaan jenis kendaraan ini diciptakan agar berbagai masalah di kehidupan kita ini bisa tersolusikan oleh masing-masing kendaraan tersebut.

Perbedaan ini diciptakan oleh perusahaan otomotif agar tiap kendaraan bisa berperan besar dalam memenuhi kebutuhan manusia dan roda kehidupan ini bisa berjalan dengan baik sebagai mestinya.

Bayangkan jika perusahaan otomotif hanya menciptakan kendaraan 1 jenis saja, semisal mobil balap semua ?

Apa yang terjadi pada kehidupan ini?

Apa yang terjadi pada para pedagang yang ingin mengankut barang dagangannya, para kontraktor yang ingin membangun rumah dan gedung, jalan dan sebagainya juga kita yang ingin berwisata bersama keluarga?

Bayangkan jika semua jenis kendaraan itu diukur kehebatannya hanya dari Kecepatannya, maka jelas yang rasanya terlihat paling hebat adalah mobil Balap Formula  disusul juara keduanya oleh mobil sedan dan ketiganya oleh modil SUV/MPV.

Sementara mobil-mobil lain sisanya seperti truck, bus, apa lagi mobil cilinder penghalus jalan, mobil derek atau mobil fork lift akan terlihat seperti mobil yang paling lambat, tidak berprestasi dan tidak berguna di sirkuit balap tersebut.

Nah pertanyaannya adalah…….

Tahukah kita mengapa Tuhan menciptakan anak-anak  manusia dengan berbagai jenis dan ragam yang hampir tidak ada yang sama satu dengan lainnya ?

Ya, mungkin mirip dengan analogi perusahaan mobil tadi, karena anak-anak kita diciptakan untuk tujuan yang berbeda, untuk menjalankan fungsi dan perannya masing-masing di kehidupan ini.

Mereka di ciptakan ada yang untuk jadi dokter, insinyur, pilot, pelukis, juru masak, penyanyi, penari, pelawak, rohaniwan, budayawan, guru, dosen, nelayan, petani, peternak, pedagang, penyayang binatang, tentara, polisi,  penyair, pembuat film, presenter, pembuat tas, desiner, arsitek, penyelam, pembuat pesawat, masinis, foto grapher, musisi, pemain drama dan sebagainya.

Bayangkan jika kehebatan anak-anak kita yang berbeda-beda tersebut hanya di ukur dengan satu alat ukur saja yakni seberapa cepatnya mereka mengerjakan soal-soal latihan tertulis di sekolah atau di rumah,  atau di ukur berdasarkan seberapa cepatnya mereka mengerjakan ujian akhir nasional saja?

Maka jelas akan hanya ada beberapa anak saja yang kelihatan paling hebat dan sisanya anak-anak lain dalam satu kelas akan terlihat bodoh dan tidak berguna bagi kehidupan ini.

Itulah mengapa sejak 14 tahun yang lalu saya mendirikan sekolah yang sistemnya bukan untuk menjadikan anak saling berlomba adu cepat di sirkuit balap untuk mencapai garis finish, melainkan sekolah yang mencoba menggali, menemukan, membimbing dan memupuk postensi emas yang dimiliki setiap anak, hingga kelak bisa menjadi yang terbaik dibidangnya masing-masing dan bisa berkontribusi maksimal bagi negeri ini sesuai dengan masing-masing keunggulan yang mereka miliki. 

Itulah mengapa sekolah kami tidak melakukan seleksi bagi anak, karena kami yakin semua anak itu memiliki keunggulannya masing-masing, karena kami yakin setiap anak memiliki perannya masing-masing dalam kehidupan ini.

Itulah mengapa kami tidak ingin hanya memilih anak dengan jenis mobil balap formula 1 saja, melainkan semua anak dengan berbagai jenis dan tipe kami terima untuk kami gali dan kami pupuk sesuai fitrah mereka masing-masing.

Sekali lagi agar setiap anak bisa merasa berguna dan bisa berkontribusi dalam kehidupan ini melalui potensi emas yang mereka miliki masing-masing.

Satu-satunya seleksi yang dilakukan di sekolah kami adalah seleksi untuk mencari para orang tua yang serius ingin belajar dan bekerjasama menjadi orang tua yang lebih baik bagi putera-puterinya agar rumah dan sekolah bisa bekerjasama dengan harmonis untuk bisa mengembangkan potensi emas anak-anak yang bersekolah di tempat kami. Untuk itulah jangan kaget bahwa setiap orang tua yang ingin menyekolahkan di tempat kami harus mau mengikuti Placement Test terlebih dahulu.  Untuk memastikan tingkat keseriusan orang tua untuk mau bekerjasama dengna sekolah dalam membimbing anaknya mencapai sukses.

Note: bayangkan jika kedua mobil ini di adu cepat dan bukan di adu fungsi dan kegunaannya apa yang ada dipikiran kita ?

Semoga tulisan ini bisa memberikan inspirasi bagi kita semua.

(Inspirasi dari tulisan ini tiba-tiba muncul saat kami sedang terjebak macet di Toll Jorr Taman Mini-Pondok Indah, ketika kami sedang termenung memandangi berbagai ragam jenis mobil mobil lain yang sama-sama terjebak macet )

sumber foto: http://www.antaranews.com

Selamat berakhir pekan bersama keluarga tercinta,
Salam syukur penuh berkah,
Ayah Edy
Pimpinan Sekolah Maha Karya Gangga
Singaraja, Buleleng, Bali
http://www.ayahkita.com

——

Inline dengan he bpa👆🏻👆🏻👆🏻

Iklan

Tentang ridwansyah

Guru hoby membaca, berkebun.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s