Merlari atau jalan

Berlari atau Berjalan?

Dua bulan ini, hampir setiap hari saya memberikan training di berbagai perusahaan dan di berbagai kota. Saat lelah mendera, tiba-tiba saya mendapat kiriman nasihat via Whatsapp dari guru spiritual saya. Isinya tentang kapan saatnya kita berjalan, berlari, berlomba dan bersegera. Isi pesannya saya sampaikan dibawah ini.

Jamil anakku, kitab sucimu Al Qur’an sudah mengajarkan kepadamu, kapan saatnya kamu berlari dan kapan saatnya kamu berjalan. Untuk urusan kebaikan, kamu harus banyak BERLOMBA sebagaimana ada dalam surat Al Baqarah ayat 148 yang artinya, “Maka BERLOMBA-LOMBALAH dalam berbuat kebaikan.”

Adapun untuk memohon ampunan, perintah-Nya adalah BERSEGERALAH. Lihatlah surat Al Imron ayat 133 yang artinya, “Dan BERSEGERALAH kamu menuju ampunan dari Tuhanmu dan menuju Surga. Maka bersegeralah bertaubat wahai anakku karena dalam ribuan langkahmu pasti ada satu atau dua langkah yang salah.”

Untuk urusan taat kepada Allah perintahnya adalah BERLARILAH DENGAN CEPAT. Coba segera simak perintah Allah swt di dalam Al Qur’an surat Adz-Dzaariyat ayat 50. Pesan disitu berbumyi, “Maka BERLARILAH kembali ta’at kepada Allah.”

Sedangkan urusan menjemput rezeki perintahnya adalah BERJALANLAH. Cobalah hayati makna surat Al Mulk ayat 15 lalu pahami. Bunyinya, “Dialah yang menjadikan bumi mudah bagimu, maka BERJALANLAH di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rizkinya.”

Jamil anakku, kesibukanmu memberikan training itu termasuk mencari rezeki, urusan kebaiakan atau urusan taat kepada Allah? Apabila hanya urusan mencari rezeki maka kamu sangat rugi karena seharusnya kamu berjalan tetapi kamu justru berlari dan berlomba. Hidupmu akan sangat lelah anakku.

Berusahalah dan pastikanlah dengan mata batin dan nuranimu bahwa kesibukanmu setiap hari berbagi inspirasi dalam rangka kebaikan dan mendekat kepada Sang Maha agar kamu menjalani kehidupan dengan penuh kenikmatan.”

Ya, pesan itu telah menghilangkan lelah dalam diri saya dan memaksa diri ini segera introspeksi atas semua jejak kaki yang saya telah jalani di atas muka bumi ini.

Tentang ridwansyah

Guru hoby membaca, berkebun.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s