am cabe di sekolah(sekolah peduki inflasi 2016)

Setelah mendapatkan sosialisasi menanam cabe dari bank Indonesia dalam kaitan program sekolah peduli inflasi yg melibatkan 30 sekolah di Balikpapan. Berikut hasil rangkuman.  Cara menanam cabe yg diajarkan pak Paimun, pengusaha cabe binaan BI plus tambahan dari berbagai sumber..

Cabe rawit (Capsicum frutescens) merupakan tanaman dari benua Amerika. Tanaman ini cocok dikembangkan di daerah tropis terutama sekitar khatulistiwa dg suhu optimal 25 sd 30 derajat celcius. Struktur tanah liat berpasir sangat baik utk tanaman ini. Sifat liat memudahkan akar untuk mengikat tanah dan unsur hara yangndikandungnya… soo jadi untuk kota Balikpapan mestinya tanaman ini sangat cocok, tapi kenapa cabe koq masih diimport dr daerah lain???

Cabe rawit (Capsicum frutescens) merupakan tanaman dari benua Amerika. Tanaman ini cocok dikembangkan di daerah tropis terutama sekitar khatulistiwa. Tanaman ini paling cocok ditanam di dataran rendah dengan ketinggian 0-500 meter dpl. Meskipun begitu, cabe rawit bisa tumbuh baik hingga ketinggian 1000 meter dpl. Untuk tempat yang terlalu tinggi, produktivitas tanaman akan berkurang.

Cabe rawit yang dibudidayakan di Indonesia sangat beragam. Secara umum, masyarakat mengenal cabe rawit putih dan cabe rawit hijau. Padahal setiap tempat memiliki macam cabe rawit yang berbeda-beda.

Budidaya cabe rawit relatif lebih rendah resikonya dibanding cabe besar. Tanaman ini lebih tahan serangan hama, meskipun hama yang menyerang cabe besar bisa juga menyerang cabe rawit.

Pemilihan benih cabe rawit
Dewasa ini telah banyak tersedia benih cabe rawit hibrida dengan keunggulannya masing-masing. Pilihlah benih yang sifatnya sesuai dengan kondisi lahan atau daerah masing-masing.
Pak paimun merekomendasikan bibit cabe SRET.Apa SRET itu?  Dari penelusuran di google, didapat informasi Keunggulan benih cabe rawit kecil sret dibanding cabe rawit biasa antara lain mulai panen lebih cepat, kurang lebih 90 hari, sedangkan cabe rawit biasa kurang lebih 120 hari. Tanaman cabe rawit memiliki umur produktif yang lebih lama dibanding varietas lainnya.. sebuah pemilihan yg tepat tentunya.

image

PElNYEMAIAN BENIH CABE
Langkah2 penyemaian dirangkum sebagai berikut :
1. Siapkan  polybag berukuran 5×10 cm, di Balikpapan 1 bungkus isi 500 polibag seharga Rp. 50.000. kemudian isi polubag dengan media persemaian hingga ¾ bagiannya. Media persemaian terdiri dari campuran tanah, arang sekam dan kompos dengan perbandingan 1:1:1. Ayak terlebih dahulu bahan-bahan tersebut dan aduk secara merata sebekum digunakan. Bila ingin praktis, kita bisa membeli media tanam siap pakai di Balikpapan kisarannya Rp. 15.000 sd Rp. 25.000 per1 karungnya.  Karena sekolah kami hanya membeli 1 kantong polibag semai, sehingga kami kekurangan 500 polibag plus cadangan 300 srhingga total polibag yg kurang srjumlah 800 polibag. Kemudian satgas “cabe cabean” sepakat untuk membuat pilibag dr kertas bekas dan dapat diselesaikan dalam waktu 3 jam dg melibatkan bantuan bsiswa tentunya..

image

Untuk mengantisipasi gagal tumbuh bibit cabe, juga dilakukan penanaman bibit cabe dg sistem tebar pada bekas box buah streoform.

Sebelum menanam benih cabe, sebaiknya diberlakukan perlakuan khusus yakni merendam hiji cabe dg air hangat selama sekitar 3 jam dan membasahi media tanam. Tujuan perendaman ini untuk mempercepat proses perkecambahan benih cabe dan sekaligus melihat benih cabe yang baik dan tidak baik. Benih cabe yang mengapung, harus disingkirkan karena kwalitasnya tdk baik. 
Kemudian masukkan benih kedalam polybag sedalam 0,5 cm, tutup permukaannya dengan media tanam.
Penyiraman dilakukan setiap pagi dan sore. Agar kucuran air tidak merusak media tanam, tutup permukaan polybag dengan kertas koran atau karung . Kemudian siram permukaan kertas koran atau karung dengan gembor hingga airnya menetes ke permukaan polybag.
Benih akan tumbuh menjadi bibit cabe rawit maksimal setelah dua minggu. Lakukan pengamatan terus menerus, tapi biasanya pada hari ke-7 bibit sudah mulai tumbuh. Bibit cabe rawit baru bisa dipindahkan ke polibag atau lahan terbuka setelah berdaun 4-6 helai atau kira-kira berumur 1 hingga 1,5 bulan.

image

Gbr penampakan hari ke 7 setelah tanam, tampak bibit belum semua berkecambah.
PENYIAPAN TANAH DAN PolyBAG BESAR
Pengolahan tanah hendaknya dimulai bersamaan dengan pembibitan. Sehingga ketika bibit cabe rawit siap tanam, polibag sudah siap untuk dipakai.
Mengingat kondisi tanah di Balikpapan adakah liat dan merah, maka perlu dicari tanah liat yang mengandung pasir. Akhirnya tim “cabe cabean” SMK Muhammadiyah keliling lingkungan sekolah dan ditemukan lokasi tanah yg bagus dan memungkinkan untuk dilakukan pengolahan tanah.  Pengolahan tanah dilakukan dengan menggali sedalam 20 cm (bagian atas tanah) kemudian diCampurkan pupuk organik, berupa kompos atau pupuk kandang sebanyak 1 karung berbnading 2 arco tanah.

image

Dicampur merata dan dimasukan kedalam polibag. Sebaiknya polibag pada bagian bawahnya diletakan pecahan batu bata, pexahan keramik, genteng, atau stereoform.

Brrsambung bagian ke 2…….
Balikpapan 9 april 2016.

Tentang ridwansyah

Guru hoby membaca, berkebun.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s