Budidaya tomat

 Tomat adalah salah satu jenis komoditi pertanian yang berupa sayur-sayuran yang paling populer di masyarakat dimana tomat merupakan salah satu kelengkapan dapur yang wajib ada didapur untuk menjadi bahan campuran aneka masakan. Tomat sendiri memiliki banyak jenis yang banyak dibudidayakan oleh pelaku budidaya seperti cherry tomato, pear tomato, beef tomato, dan berbagai jenis tomat lainnya dengan memiliki masing-masing karakteristik dan keunggulan baik dari rasa, tekstur, ukuran, serta masa panen yang dapat anda sesuaikan dengan keinginan bagi anda yang ingin bertanam tomat sendiri dikebun maupun pekarangan rumah.

Untuk menanam tomat sendiri sebenarnya cukup mudah sehingga anda dapat melakukan panen buah tomat anda sendiri maupun menjualnya bagi anda yang ingin bertanam tomat sendiri baik sebagai sekedar hobi maupun untuk melirik usaha tomat yang menguntungkan. Untuk itu, berikut kami akan berikan Cara Menanam Tomat Agar Panen Sukses untuk anda agar mengetahui cara menanam tomat yang baik dan benar sebagai berikut.

Pemilihan Benih Tomat
Sebelum memutuskan menanam tomat, penting untuk memilih benih jenis tomat yang akan tanam dan memastikan benih tomat yang akan tanam bersifat unggul dan baik yang tentunya mempengaruhi tingkat kesuksesan panen anda nantinya. Untuk mencari benih tomat sesuai keinginan, anda dapat bertanya-tanya terlebih dahulu di toko-toko yang menjual benih dan persyaratan agar benih dapat bertumbuh kembang dengan baik dan juga menyesuaikan benih tomat dengan iklim dan lahan daerah anda.

Penyemaian Benih Tomat
Benih yang anda siapkan haruslah melewati proses penyemaian terlebih dahulu yang dapat anda lakukan dengan media tanam polybag dengan campuran tanah dan pupuk kandang perbandingan 1: 1, maupun langsung di lahan yang telah anda gemburkan terlebih dahulu dan mencampurkan pupuk kandang.  Setelah itu, lakukan penyiraman secara rutin dan teratur setiap pagi dan sote hari hingga benih menjadi bibit.

Penyiapan Lahan Tanam Tomat
Sambil menunggu proses penyemaian benih menjadi bibit, anda dapat menyiapkan lahan sebagai media tanam bibit tomat anda nantinya. Lahan yang anda siapkan digemburkan terlebih dahulu dengan bentuk memanjang dan berjajar yang ukuran disesuikan dengan kapasitas dan jumlah benih anda. Adapun jarak tanam antara bibit tomat nantinya sekitar 50 cm x 60 cm  dan pastikan lahan anda juga bersih dari tanaman gulma dan tanaman pengganggu lainnya. Hal yang sama jika anda menggunakan pot maupun polybag.

Pemindahan Bibit Tomat
Setelah benih menjadi bibit dan memiliki 4-5 helai daun, maka bibit telah dapat anda pindahkan ke lahan yang anda siapkan. Lakukan pemindahan pada pagi atau sore hari untuk menghindari kekeringan.

Perawatan Tanaman Tomat
Untuk perawatan dan pemeliharaan tomat anda perlu memperhatikan hal sebagai berikut :
1.Penyiraman yang teratur pada pagi dan sore hari.
2.Pemberian pupuk organik minimal 2 minggu sekali.
3.Membersihkan tanaman dari berbagai tanaman dan rumput yang dapat mengganggu tanaman tomat anda.
4.Cek tanaman anda dari hama dan penyakit, dan lakukan pengendalian hama dengan pestisida.

Panen Tomat
Tomat pada umumnya sudah dapat dipanen ketika tomat berusia 3 bulan sejak masa penanaman, dimana hal tersebut juga dipengaruhi oleh jenis tomat dan tingkat kesuburan dan cara perawatan tanaman tomat anda. Tomat yang siap dipanen akan berubah menjadi hijau ke warna oranye.

Tentang ridwansyah

Guru hoby membaca, berkebun.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s