Keteladanan pemimpin

To Be a Great Leader

0

 

“Inovasilah yang akan membedakan seorang pemimpin dengan pengikut. Kepuasan kerja sejati tidak terletak pada uang yang dijanjikan, tetapi pada pengembangan diri untuk terus memperbaiki kualitas sumber daya sebagai bekal yang tidak terseret inflasi seiring perkembangan waktu. Steve Jobs merupakan salah satu dari banyak contoh seorang pemimpin hebat dalam memimpin organisasinya. Modeling pemimpin hebat terletak pada bagaimana dapat menciptakan keteladanan kepemimpinan personalnya serta menciptakan keteladanan pengaruh terhadap pengikutnya.”

Steve Jobs (1955 – 2011)

Keteladan kepemimpinan personal terdiri dari mengenal dirinya dengan baik (Who am I), selalu berpikir positif (Positive Mental Attitude), dan selalu mempunyai keinginan sukses secara total (Total Success).

Seorang pemimpin luar biasa dalam menciptakan keteladanan kepemimpinan personal yang pertama, diawali mengenal dengan baik tentang siapa diri kita, mengapa kita berada, mengapa kita di utus di muka bumi ini. Dengan mengenal diri kita dengan baik. Kita harus menyadari mengapa kita diutus Tuhan ke dunia ini. Kita perlu menemukan jawaban mengapa kita yang diutus Tuhan dan bukan orang lain. Tuhan adalah Sang Maha Perencana, dan Tuhan tidak pernah menjadikan segala sesuatu sia-sia. Oleh karena itu, pasti ada maksud besar Tuhan ketika ia mengutus kita ke dunia ini.

Lalu untuk apa kita dilahirkan di dunia ini? yang pasti sudah jelas bahwa kita dilahirkan ke dunia ini bukan karena kebetulan, melainkan ada rencana mulia. Sejak dalam kandungan ibu kita, Ibu selalu menginginkan anaknya menjadi orang yang berguna bagi orang lain.

Untuk menggenapi setiap rencana-Nya, Tuhan sudah membekali setiap kita dengan segala karakter, talenta, sifat, potensi dan lain-lain. Tuhan membekali setiap diri kita dengan kemampuan untuk memimpin, memimpin dirinya sendiri dan orang lain.

Seorang pemimpin luar biasa dalam menciptakan keteladanan kepemimpinan personal yang kedua, selalu konsisten menjaga pikiran dan mentalnya dalam area energy positif, setiap stimulus dari luar apapun warna dan bentuknya, seorang pemimpin hebat mempunyai keberanin untuk memilih yang baik, dan Tuhan memberikan kewenangan penuh kepada setiap orang untuk menentukan pilihannya. Dengan pikiran dan mental selalu positif, memberikan dorongan untuk senantiasa melakukan tindakan-tindakan yang positif, tindakan-tindakan yang berulang-ulang membentuk sebuah sistem pola pikir dan mindset positif dan menjadi sebuah kebiasaan yang mencerminkan gaya hidup dan passion seseorang.

Seorang pemimpin luar biasa dalam menciptakan keteladanan kepemimpinan personal yang ketiga, selalu berkeinginan untuk total sukses (success total), sukses berarti selalu mempersiapkan dirinya dengan baik dalam menghadapi sebuah tantangan dan peluang. Total sukses adalah bertemunya sebuah persiapan dengan setiap kesempatan apapun. Seorang pemimpin hebat yang total sukses sudah dipastikan memiliki visi yang jelas dan visi bersama yang dapat dipercaya oleh lingkungan dan bawahannya.

kepemimpinan pengaruh adalah model yang paling efektif untuk menjadi pemimpin hebat ( a great leader), terdiri dari bagaimana untuk dapat yang dipercaya oleh para pengikut (be trusted), mempunyai visi yang jelas (has a vision), dan dapat mengkomunikasikan visi tersebut secara kongkruen (communicate the vision).

Untuk dapat menjadi pemimpin hebat yang efektif dalam memperkuat pengaruh, yang pertama adalah dapat dipercaya, hal ini mutlak harus dimiliki oleh seorang pemimpin hebat, dengan dipercaya para pengikut atau bawahan dengan sukarela, tanpa paksaan. percepatan pertumbuhan organisasi akan lebih efektif apabila para pengikut melakukan seluruh pekerjaannya dan tanggung jawabnya, karena percaya kepada pemimpinnya. Kepercayaan dari para pengikut atau bawahan dapat dibangun melalui peningkatan kompetensi diri, yaitu knowledge, skill dan attitude. Kelengkapan kompetensi tersebut akan menghasilkan kepemimpinan role model, menjadi panutan bagi para pengikutnya.

Yang kedua adalah pemimpin hebat dan luar biasa selalu memiliki visi yang jelas, dan merupakan visi yang bersifat bersama (shared value), mewakili visi organisasi, visi customer dan visi pemegang kepentingan. Dengan memiliki visi bersama yang jelas, para pengikut sangat percaya mau kemana arah kapal ini akan berlayar, tempat apa yang akan dituju, dan bagaiamana caranya mencapai tempat tujuan. (WD)

Tentang ridwansyah

Guru hoby membaca, berkebun.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s