branding

​*FILOSOFI BRANDING PRODUK & JASA* 

By Abid Karbela, KSW #21

WA KSW 0811-113-139
1. BRAND adalah MEREK yg telah menjalin ikatan EMOSI dgn konsumennya. Kalau sebuah MEREK sudah punya pelanggan maka dia jadi BRAND. Ilmu Selling menghasilkan pembeli. Ilmu Branding menghasilkan pelanggan
Misalnya saya bikin PRODUK. Produk saya memberi manfaat yg bisa dirasakan secara fisik. Lalu saya kasih MEREK sebagai nama produk. Saya buatin LOGO sebagai tanda atas manfaat produknya. Jadi kalau konsumen melihat MEREK dan LOGO itu dia bisa yakin bakal dapat manfaat fisiknya.
Contoh : PRODUK saya ayam goreng tepung. Manfaatnya enak dan mengenyangkan. Saya kasih merek KENTUCKY. Saya buatin logo KFC. Jadi kalau calon pembeli melihat MEREK dan LOGO KFC maka dia akan yakin bakal mendapat ayam goreng tepung yg enak dan mengenyangkan.
Contoh lain : Gudeg Yu Djum itu gak punya MEREK dan LOGO. Seperti bayi baru lahir belum dikasih nama maka dikasih nama IBUNYA oleh perawat. 
Demikian juga dgn gudeg tanpa merek itu dikasih nama IBUNYA oleh konsumennya. Nama ibunya Yu Djum. Maka jadilah Gudeg Yu Djum. Karena gigitan pertamanya enak maka merek Yu Djum berproses menjadi BRAND.

Silahkan ganti produk, merek dan logo dgn ianda punya. Kalau sudah baru kita belajar membuatnya jadi BRAND 
2. Sebelum membuat produk kenali dulu kategorinya dipasar. Krn pasar sudah membentuk kategorinya.
Misalnya market category SKM. Susu Kental Manis. Market category awalnya adalah SUSU. Lalu ada yg melakukan inovasi menciptakan market category baru yakni SUSU KENTAL. Lalu ada yg melakukan inovasi menciptakan market category baru yakni SUSU KENTAL MANIS. Jadi SKM itu market category level 3 nelalui 2x inovasi kategori baru.
Misalnya: KFC masuk kategori pasar AYAM GORENG. KFC membuat innovasi menciptakan katègori baru AYAM GORENG TEPUNG. Karena KFC menjadi satu2nya di kategori baru itu maka pembeli dipaksa menjadi pelanggan. Maka KFC menjadi BRAND. Dan KFC pun menjadi market leader disitu.
3. Memilih market kategori diawali dgn memilih DNA produk anda.

Misalnya : ABON LELE. Mau masuk pasar ABON. Atau mau masuk pasar LELE? Abon yg terbuat dari LELE. Atau LELE dalam bentuk ABON? Kira2 lebih besar pasar ABON atau pasar LELE? Apakah ABON itu MUST HAVE atau NICE TO HAVE? Apakah LELE itu MUST HAVE atau NICE TO HAVE? Kalau NICE TO HAVE harus diubah menjadi MUST HAVE. Ini baru mengolah manfaat produk anda.
Yg bikin laku adalah kemampuan anda mengubahnya dari NICE TO HAVE menjadi MUST HAVE. Abon itu termasuk makanan PPPK dirumah. Pertolongan pertama Pada Kelaparan hahaha. Harus ada di rumah jaga2 kalau kehabisan lauk. Lele itu protein hewani paling tinggi yang sesuai dengan kantong rakyat. Jadi Abon Lele seharusnya punya potensi membuka kategori baru dari abon (kategori pasar)
Sama seperti susu murni adalah kategori yg diberikan pasar. Disitu sudah ada pemain2 sebelumnya. Agar tidak jadi red ocean sebaiknya buat kategori baru. Mungkin warna dan rasa
Nasi itu MUST HAVE. Mie instan itu NICE TO HAVE. Saya merubah Indomie dari NICE TO HAVE menjadi MUST HAVE lewat makanan sahur dan buka.
Kopi itu MUST HAVE. Permen itu NICE TO HAVE. Saya mengubah Kopiko dari NICE TO HAVE menjadi MUST HAVE lewat permen gantinya ngopi.
_The name of the game is POSITIONING via ADDED VALUE_

>>>>>>>>>>>>>>>>
_Assalaamu ‘alaykum wrwb._
Warga yang dimuliakan ALLAAH.. 
Mari kita *re-LEARN* tentang *BRANDING* terutama pada *ERA DIGITAL* atau *INTERNET OF THINGS* ini pada acara kita yaitu:
*TEMU NASIONAL WARGA KSW & MTR* 
Yang In-syaa ALLAAH akan kita laksanakan pada:
Hari, Tanggal: *Rabu, 7 September 2016*

Waktu: *Pkl. 08 – 17.30*
Tempat: *Lor In Hotel, Kawasan Sirkuit Sentul Bogor*
Thema: *GOING ONLINE OR DYING*

_Merengkuh pasar digital yang sedang tumbuh pesat_
1. Branding in digital era

2. Easy steps to go online

3. Praktek membuat foto produk yang menarik perhatian calon pembeli.
Syarat kehadiran: *Membawa sample produk atau logo atau company profile sebagai bahan praktek langsung*
Urunan penyelenggaraan: *Rp 290.000,- per orang*
Fasilitas:

– T-shirt MTR

– Lunch

– Certificate
_Pendaftaran hanya melaui WA_ *0811-161-9696.*
*Sudah saatnya kita GO ONLINE. Raih pertumbuhan bisnis ketika trend digital sedang berlari kencang. Temukan cara mudahnya pada Temu Nasional Warga KSW & MTR*
_Wassalaamu ‘alaykum wrwb._

*Samsul Arifin SBC*

Founder *SyaREA World*

_Business & Leadership Coaching_
>>>>>>>>>>>>>
_Branding memang sangat diperlukan bagi sebuah usaha…tidak hanya logo semata…tapi mengenai bagaimana produk tsb akan di kenal dan dikenang masyarakat…_

By Nana, MTR #07

Tentang ridwansyah

Guru hoby membaca, berkebun.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s