pasti ada tujuan penciptaan

​Assalaamu ‘alaykum wrwb..

Warga Kampoeng SyaREA World yang sholih dan sholihah…

Warga K-SW & K-MTR yang dimuliakan ALLAAH…

Satu diantara beberapa kunci sukses suatu pembelajaran adalah pengulangan. 

_Repetitiion is mother of learning_

Dan bahkan _MOROOJA’AH_ adalah bisa disebut satu-satunya teknik *Menghafal al-Qur’an*. Tidak ada teknik lain untuk menghafal al-Qur’an selain dengan murooja’ah. 

Betul apa bettul?

Oleh karena itu, mari kita ulangi terus-menerus pembelajaran tentang Adab-adab K-SW & K-MTR ya.. Sekarang kita bahas lebih detail tentang Adab ke-3 K-SW yang berlaku juga sebagai rujukan Adab bagi K-MTR.

ADAB KE-TIGA KAMPOENG SYAREA WORLD (KSW)

*WE ARE LIVING ON PURPOSE. FIND THE WAY TO CONTRIBUTE. FIND THE WAY TO SHARE YOUR VALUE.*

_Pasti ada maksud atau tujuan ketika ALLAAH menciptakan kita. Tujuan penciptaan itu adalah memberikan makna pada kehidupan ini. Agar dengan keberadaaan Anda dan kita semua, kehidupan ini akan lebih baik. Mari kita berlatih memberikan makna atas keberadaan kita di dunia ini. Beri manfaat ketika Anda berada di KSW ini._

Jika Anda sering menghadiri pertemuan-pertemuan tatap muka yang dilaksanakan oleh KSW atau SPI, tentu sangat familiar bagi Anda anda kata “INTENTION”. Ada yang bisa menjelaskan apa INTENTION itu? 

Silakan..
Berkaitan dengan INTENTION tersebut, saya akan membahas lebih detail sebagian dari pokok bahasannya, yang saya aplikasikan sebagai Adab ke-tiga dari Kampoeng SyaREA World dan Kampoeng MTR. Yaitu: 
*WE ARE LIVING ON PURPOSE. FIND THE WAY TO CONTRIBUTE. FIND THE WAY TO SHARE YOUR VALUE.*

_ALLAAH SWT punya maksud mengutus kita kedunia ini. Oleh karena itu, mari kita cari cara untuk terus berkontribusi dan berbagi manfaat yang kita hasilkan._
Warga KSW dan K-MTR yang baik, ramah dan bijak..

Keberadaan kita di muka bumi ini ada maksudnya.  Pasti ada maksud atau tujuan mengapa ALLAAH menciptakan kita di dunia ini. Dan saya yakin, tujuan dari keberadaan kita di dunia bukan sekedar untuk diam, bukan sekedar sibuk mencari uang, lalu bersenang-senang. Pasti ALLAAH juga tidak menciptakan kita hanya mengamati perilaku orang-orang atau mengamati kejadian di sekeliling kita. 

Betul apa bettul?
Dan tentu ALLAAH juga tidak bermaksud mencipakan kita di dunia ini untuk berbuat kerusakan kan? Atau untuk membuat kekacauan dan keoranan. 

Iya apa iyyaa?
Ringkasnya..

Bahwa ada tujuan atau misi tertentu yang ALLAAH berikan kepada kita untuk dilaksanakan, ketika ALLAAH menciptakan (mengirim) kita ke dunia ini. Misi atau maksud dari keberadaan kita di muka bumi ini dikenal dengan istilah PURPOSE OF LIFE. Atau dikenal dengan tujuan atau misi hidup. 
Untuk mengetahui apa PURPOSE OF LIFE kita di dunia ini, biasakanlah bertanya pada diri sendiri:

_WYH AM I HERE? Mengapa saya ada di sini ya? Untuk apa saya di dunia ini ya?_
Kendati pembahasan untuk menemukan apa purpose of life kita masing-masing, perlu waktu yang cukup panjang. Namun adak kata kunci sederhana untuk menemukannya. Langsung saja, kata kunci itu adalah *CONTRIBUTION.*
Kontribusi apa yang bisa kita berikan kepada manusia, alam semesta dan kehidupan ini. Sesuatu yang perlu kita lakukan agar kehidupan ini menjadi lebih baik. Apa yang ingin kita bagi dan tinggalkan sebagai bukti atau jejak bahwa kita pernah ada di muka bumi ini?
Apakah Anda pernah merenungi pertanyaan ini?

_Apa sebenarnya misi hidup yang ALLAAH berikan kepada saya? Apa sebenarnya tugas mulia yang perlu saya tuntaskan selama hidup ini?_
Sungguh sangat penting bagi kita untuk mengetahui our own PURPOSE OF LIFE ini, mengetahui apa sebenarnya tujuan hidup kita ini. Sehingga kita bisa menentukan arah hidup kita sendiri. Kita tahu ke mana jalan hidup ini akan mengarah. 
_Mengapa ALLAAH SWT menciptakan kita di dunia ini? What for? Untuk apa? Apakah sekedar kebetulan, atau ada maksud tertentu?_ 

Terhadap pertanyaan-pertanyaan di atas itu, kita wajib temukan jawabannya.
*Orang yang belum menemukan purpose of life-nya, belum pernah bertanya “WHY AM I HERE? Kehidupannya seperti digambarkan oleh pepatah Arab yang berbunyi “Wujuuduhu ka adaamihi”. Adanya sama dengan tidak adanya. Bahkan hidupnya terombang-ambing oleh keadaan di sekitarnya. Yang menyedihkan adalah ketika hidup seseorang yang tidak mengetahui purpose of life-nya, maka ia akan dikendalikan oleh orang lain.*

_Na’uudzubillahi min dzaalik._
Oleh karena itu, jangan sampai ada atau tidak adanya diri kita di dunia ini, kehidupan ini sama saja. Keberadaan diri Anda tidak memberikan manfaat apapun dalam kehidupan Ummat ini. Anda bukan sekedar lahir untuk makan, main-main dan tidur kan?
Nah… 

Begitu pula ketika kita berada (menjadi warga) di Kampoeng SyaREA World (KSW) atau Kampoeng MTR ini. Bukanlah suatu kebetulan yang tiba-tiba, ketika Anda, entah dengan cara apa dan bagaimana, tahu keberadaan KSW. Lalu tertarik, kemudian meminta untuk bergabung menjadi Warga KSW. 
Dan juga bukan sekedar kebetulan ketika kami mengundang Anda untuk bergabung atau ketika kami memasukkan nomor WA/Telegram/Line Anda ke kampoeng tercinta ini. Pasti ada suatu maksud tertentu.
Untukl apa maksud keberadaan Anda di K-SW atau K-MTR ini? Secara sederhana, bergabungnya Anda menjadi Warga Kampoeng SyaREA World (KSW) ini, pasti bukan untuk menjadi SILENT READER, penyimak sejati dengan mata dan jempol. Warga yang hanya memenuhi kuota jumlah member pada messenger ini. 
Karena kami tidak sedang mengumpulkan penyimak-penyimak sejati di Kampoeng SyaREA World ini. Kami tidak sedang mengumpulkan orang untuk diceramahi. Orang-orang yang pekerjaannya menunggu postingan dari tokoh tertentu untuk kemudian dicopas ke Grup WA sebelah.

_Hehehe.._
Oleh karena itu, dengan ADAB KE-TIGA Kampoeng SyaREA World ini, yaitu: 

*WE ARE LIVING ON PURPOSE. FIND THE WAY TO CONTRIBUTE. FIND THE WAY TO SHARE YOUR VALUE.*

_Kami mengajak Anda semua untuk saling memberikan manfaat dari keberadaan kita masing-masing. Marilah kita semua berpartisipasi aktif, dengan berbagi kisah, pengalaman, pengetahuan dan keterampilan yang Anda miliki kepada warga-warga lainnya. Serta saling mengingatkan untuk semakin taat, mendekat kepada ALLAAH SWT_
Bayangkan! Seperti apa jadinya suatu grup WA, jika para membernya adalah silent reader semua. Membernya pada diem-dieman menunggu copas-an dari member lainnya. Apa menariknya?

Apa enaknya ada di suatu WAG jika isinya berseliran copasan semuanya?

_Nggak deh…._
So mulai sekarang, tampilkan eksistensi diri Anda. Tunjukkan bahwa Anda ada dan memberikan manfaat terhadap kehidupan warga KSW dan K-MTR ini, sehingga kehidupan pribadi, keluarga dan bisnis kita semua menjadi lebih baik karena kontribusi Anda.
Berinisiatiflah membangun komunikasi. Kembangkan topik-topik diskusi yang menarik sesuai dengan profile Warga KSW & K-MTR, yaitu para business owners, business leaders and Investors. Silakan Anda berinisiatif untuk mendiskusikan hal-hal seputar business dan personal development, finance, and other topics of Mu’aamalah Syariah or Islamic Living.
Kisah Anda pastilah sangat menarik untuk dibagikan kepada saudara-saudara kita semua di Kampoeng SyaREA World atau di K-MTR ini. Insyaa ALLAAH apapun postingan original dari Anda, akan menjadi pelajaran berharga bagi kita semua.  Bukankah pengalaman seseorang adalah guru kehidupan yang sebenarnya?
Selain itu, berpartisipasilah ketika suatu diskusi berlangsung. Beradu cepatlah menjawab ketika ada pertanyaan-pertanyaan dari warga lainnya. Bantulah saudara-saudara Anda yang memerlukan pertolongan. Sambutlah dengan meriah ketika ada warga baru yang menghuni kavling Kampoeg SyaREA World & K-MTR bersama Anda. 

Hadiri pertemuan-pertemuan ofline atau tatap muka  yang kita adakan. Dan ajak juga sahabat-sahabat pengusaha lainnya masuk KSW ya. Silakan perkenalkan nomor WA KSW 0811-113-139 kepada keluarga, kerabat dan sahabat-sahabat Anda ya.
Selamat beraktivitas, Semoga ALLAAH SWT ridlo terhadap upaya-upaya kita semua menegakkan izzatul Islaam wal muslimiin…
Wassalaamu ‘alaykum wrwb.

Samsul Arifin

Founder *SyaREA World*, _Business & Leadership_

Bersambung ke Adab-adab berikutnya.

Iklan

Tentang ridwansyah

Guru hoby membaca, berkebun.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s