pengalam berhutang

​*Pentingkanlah Allah..maka Allah pun akan mementingkan dirimu*

By : Fakhul Amali, KSW #17
WA KSW 0811-113-139

Hahaaaa..gpp bu elly..itu yg nikmat bu..kalo sy malah sedaun pisang pengennya sendiriann 😂😂😂😂
Sdikit kisah pribadi tentang meninggalkan riba..
Kalo d bilang lumbung padi..satu2 nya sumber sy cuman dari penjualanan ubi ke Malaysia..sy sudah berjalan sejak 2009 dan alhamdulillah Allah masih mempertahankannya hingga sekarang..
Gaya hidup kami sempat loss control ketika brada d “atas angin”
Rumah besar..tanah lega..mobil 4 unit (fortuner, odyssey, BMW, dan toyota camry)..blm lagi motor2 besar yg ikut terpajang d garasi (harley davidson type ultra classic, suzuki gsx sport 600cc, honda pcx).
Tapi yg memalukan dan menyedihkannya kami dapati itu smua dgn cara kredit..
Di puncak kesengsaraan..pendapatan kami sudah lebih besar pasak daripada tiang..blm lagi ktika menghadapi ramadhan..
Malaysia yg sama2 negara muslim pun tentu saja juga banyak yg shaum sehingga membuat sy tidak ada order sama sekali d bulan tersebut dan membuat kami total tak ada pemasukan.
Sy mengawali smuanya dari Nol..ibarat seorang OKB, hasrat ingin ini ingin itu mulai banyak meluap ketika sy brada di atas angin..
Tanpa d sadari akhirnya kondisi terjadi ibarat sebuah boomerang yg menghajar kami habis2an..penghasilan mulai besar pasak daripada tiang..hidup mulai gelisah tak enak tidur tak enak makan..bahkan sy sempat katakan ke istri “seandainya msh boleh memilih..tak mau rasanya bertemu dgn siang..ingin nya malam trus..” karna sedikit saja langit mulai terang, tagihan2 mulai berdatangan kanan kiri..
Hidup semakin gila..alih2 bertahan..sy malah mulai sering bermain giro gali lubang tutup lubang..hutang semakin membengkak ber milyar2..hidup semakin gelisah..rmh tangga semakin panas..satu2 nya pengingat sy adalah anak sy yg selalu meminta sy utk d ajak sholat ke mesjid..
Hingga pada suatu hari sy mendengar ceramah seorang ustad di masjid tentang bahaya Riba..
Setelahnya sy trus getol menelusuri tentang riba ini di internet karna ceramah ustad tersebut mengena sekali dgn kondisi yg terjadi pada diri sy..
2014 sy putuskan utk membuang smuanya..rumah, 4 unit mobil, 3 unit motor besar..hingga saat ini tinggal tanah yg belum terbuang tapi sudah sy macetkan lebih dari 1,5thn..
September 2014 msh segar d ingatan sy..meskipun hampir smua asset sdh sy buang, tetap tak mampu melunasi hutang2 sy yg menggunung..tercatat pada september 2014 tsb, hutang sy msh berkisar 1M 50jt lagi..
Sy bertaubat..sy istighfar..kami buang smuanya dan mulai kembali dari NOL..
Kami pindah rumah mengontrak kembali meskipun alhamdulillah msh d berikan Allah kemampuan mengontrak rumah yg msh terbilang cukup besar..rmh dgn luas 300 meteran persegi plus tanahnya yg sama luasnya sehingga membuat kami bisa berkreasi dgn luasnya tanah kosong ini..smua ini kami sewa dgn nilai 20jt/thn
Sy berusaha memberikan pengertian tentang bahaya riba kepada istri dan memintanya memahami tekad sy utk bertaubat..alhamdulillah akhirnya istripun mau menurut..
November 2014 kami mulai kembali smuanya dari Nol..giro2 kami bakar..bbrp cc sdh kami tutup..dan sbagian msh dlm proses plunasan..kami brusaha smaksimal mungkin utk tdk melakukan ksalahan yg sama..
Tanah yg luas kami manfaatkan utk bercocok tanam dan berbudidaya..kami rintis lagi smuanya d rumah yg kami sewa ini..
Kami buat pertanian aquaponik dgn budidaya sayur mayur d atasnya, dan ikan mujair d kolamnya..kami juga budidayakan kalkun dan ayam kampung..kami juga tanam sayur2an yg lain juga tanaman2 utk bumbu dapur sperti cabai, jahe, lengkuas, sereh, dll..
Di kepala kami, tidak pun bisa terjual, minimal bisa mencukupi kebutuhan perut kami sehari2..hasil2 penjualanan ubi totalitas kami fokuskan pada pembayaran hutang2..
Alhamdulillah..sekarang sdh di 2016..dan hutang2 yg tersisa sejak tercatat 1M 50jt lagi, kini berangsur2 berkurang dan saat ini tersisa tinggal 120jt’an lagi + kredit tanah yg sudah macet hampir 2thn dan belum d jabel2 juga oleh pihak bank..
Memang masalah kami belum selesai..tapi setidaknya, pemasukan kami dari ubi sdh mampu mengimbangi nya, dan kami msh trus brusaha menyelesaikannya..hidup kami mulai berangsur2 tenang dan hangat..
Kami mulai mementingkan ibadah daripada pekerjaan2 kami..karna pada suatu ayat kami temukan berbunyi “tolonglah Allah..maka Allah akan menolongmu..”
Tercatat sejak november 2015, Allah gerakkan hati pemilik rumah utk menawarkan rumahnya yg kami sewa utk d beli dgn cara di cicil tanpa harus ke bank..rmh yg kami sewa ini kalo d jual bernilai 1M..kami bernego dan d sepakatilah nilai 750jt..dan boleh d cicil tanpa target waktu..sesantainya..dan nilai tdk akan berubah..tetap d 750jt..alhamdulillah utk yg kesekian kali..kami pun sdh masuk angka 150jt dengan d bawa santai..ada lebihan kami angsurkan..lagi ga ada pun ga di tagih2..heeee
Sebenarnya Allah tdk memerlukan pertolongan..tapi yg dimaksud dgn menolong Allah adalah menolong diri kita sendiri utk mementingkan Allah dlm hidup kita..insya Allah, Allah pun akan mementingkan kita..
Ramadhan thn ini harusnya menjadi ramadhan tersulit yg kami lewati..hal ini adalah karna kami sempat terbiasa “ada” dgn cara membakar giro..
Hampir setiap ramadhan kami tdk ada pemasukan sama sekali..tapi di saat keyakinan ini tumbuh besar bahwa Allah akan menolong kita selama kita menjaga keimanan dlm diri, alhamdulillah lagi..
Ramadhan ini justru menjadi ramadhan terindah..tanpa ada penjualanan, tanpa ada hutang2an, tapi setiap hari kami bisa berbuka dgn nikmat dan mewah..karna ada hasil kebun dan ternak kami yg dapat kami nikmati setiap hari..
itu pun begitu menjelang lebaran kami msh bisa menjual sisa hasil kebun dan ternak kami utk ngamplopin ponakan2 dan ortu kami.
Inilah sebuah keajaiban..ga ada jualan ubi, ga ada pemasukan, tapi malah sahur dan berbuka dgn yg mewah2..tiap hari kami bisa makan daging ayam kalkun dan ikan gurame ataupun mujair lhoo..coba kalo tiap hari ini smua harus kami beli..blm lagi persiapan menghadapi lebaran..selain kami bisa ngamplop..hidangan d rmh kami pun tak kalah mewahnya..Ketupat Opor Ayam Kalkun..hahaaaa..masya Allah..padahal ga ada jualan sama sekali lho sy di bulan ramadhan
So..Quotes of the day from Mr Pray today is : “Pentingkanlah Allah..maka Allah pun akan mementingkan dirimu”
Semoga bermanfaat utk semuanya..

By : Fakhul Amali, KSW #17
WA KSW 0811-113-139

Tentang ridwansyah

Guru hoby membaca, berkebun.
Pos ini dipublikasikan di Tidak Dikategorikan. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar