serigala berbulu do ba

​*TERNYATA SERIGALA BERBULU DOMBA ITU MEMANG ADA*

By Madkhan, KSW #06
WA KSW 0811-113-139

=====================

Lembaga perbankan itu jahat, saat kita baru mulai usaha dan butuh modal, meraka melirik saja tidak, bahkan kita sama sekali tidak di anggap punya manfaat oleh bank itu sendiri. ya sudahlah, merangkak saja dg modal seadanya.
 
Alhamdulillah dg kerja maksimal Allah membukakan jalan, usaha jalan setahun bank masih juga belum nganggep kita, ya sudah….. jalan aja seadanya. waktu itu menjalankan usaha sambil kuliah, alhamdulillah di tahun ke 3 saya sudah bisa beli motor, bisa beli mobil meskipun jelek. di tahun ke 4 masih juga berambisi membesarkan usaha, Alhamdulillah mulai di lirik oleh bank kecil kecilan.

Wussshhhh….. dg suntikan modal dari bank. usaha mulai luar bisa pesat. bahkan tidak cukup itu saja, saya mulai nafsu utk jadi lebih besar lagi, ahirnya ngajuin kredit ke bank lain lagi dan Alhamdulillah dg sangat mudah bank memberi kredit, bahkan bukan lagi bank kecil kecilan yg mulai tertarik usaha saya,

Wow….. bahkan tanpa survei detail, cukup kepala cabang nongkrong di depan toko saya beliau langsung bilang “ok mas…. acc, silahkan tanda tangan nanti malam duit silahkan di ambil di rekening”.
 
Singkat cerita di th ke 5 saya punya 3 cabang yg pertama murni pakai duit jatah kuliah, yg ke 2 dan 3 murni pakai duit bank. masing masing omzet 45 jt/hari, 30 jt/hari dan yg paling kecil 15 jt/hari.

Luar biasa kan, di usia muda udah punya penghasilan yg fantastis, saat temen temen lain masih minta uang bensin ke bapaknya saya sudah pakai mobil avanza seri G, meskipun belinya dg cara kredit tapi kan kelihatan mentereng. jiwa muda yg sangat menggelora pingin kelihatan gagah, punya visi di usia 35 sudah bebas financial, bebas waktu. ahirnya memutuskan utk buka usaha di bidang fashion dgn mulai kecil kecilan, alhamdulillah jalan dgn baik. Karena nafsu yg luar biasa ahirnya buka cabang lagi utk toko pakaian, dgn sangat mudah saya mengajukan kredit yg nilainya mecapai ratusan juta,

Nah mulai deh, 3 toko sembako saya sudah mulai stagnan (jalan di tempat) tidak lagi bisa berkembang karena beratnya angsuran yang otomatis memakan modal, di tambah lagi toko pakaian yg baru itu dalam waktu 1 tahun ternyata gak ada hasil, itupun saya tidak kapok, masih pingin lagi buka toko pakaian yg lebih besar lagi, dapet deh kucuran dana dari bank besar. Akhirnya mulai buka toko pakaian lagi dg modal dari bank yg jumlahnya makin besar.

Hmm…….. ya itulah Allah, jika kita tidak mendekat maka Allah pun enggan memberi. belum selesai nih… toko pakaian yg ke ke 3 ini, dg modal dari bank yg jumlahnya makin besar inipun gak jalan, darah muda masih mengalir segar, malu dong kalau ga beehasil, masih dgn semangat yg luar biasa, buka lagi toko pakaian yg ke 4 dg strategi yg lebih jitu dan modal hampir mencapai 1 Milyard.

Alhamdulillah jalan banget, usaha yg saya buka terakhir ini dapat 1 tahun yg dulunya bisa meraup omzet 17 jt/hari yg profitnya kurang lebih 40 – 50 % perlahan tapi pasti omzet mulai turun hingga mencapai 75 rb/hari. di situ segala sendi kehidupan saya mulai terasa ngilu. angsuran yg mencapai 23 jt/bulan mulai nunggak, semakin hari semakin sakit, omzet toko sembako juga mulai terjun bebas. saya masih menganggap semua adalah ujian dari Allah.

Saat itu lahir anak ke 2 saya, istri yg dulu kerjaannya bantuin saya dlm hal administrasi juga harus mulai kerja, kebetulan kerja sbg agen perusahaan asuransi internasional. saat itu anak saya masih umur bulanan, Alhamdulillah banget gaji yg di dapat istri saya sekitar 4 juta/bln sangat membantu buat memenuhi kebutuhan saya.
 
Hari hari kami makin susah, tunggakan di bank makin banyak makin berat banget, saya sudah merasa kalau saya bakalan bangkrut, saya mulai berfikir yg irasional. saya berfikir ada yg ganguin usaha saya, ikhtiar saya saat itu adalah saya harus cari kyai yg bisa nolong saya.

Saya memutuskan utk pergi ke daerah jawa timur, begitu masuk gerbang “Selamat Datang di Propinsi Jawa Timur” pas di depan gerbang itu mobil saya yg di kemudikan sopir saya mengalami kecelakaan dan hampir separuh dari mobil saya hancur, asuransi mobil habis tg 30 juni saya mengalami kecelakaan tgl 1 juli.

Yaa Allah, luar biasa Allah menguji saya (gumam dalam hati saya), selang beberapa minggu genting toko saya ada yg pecah, kemudian saya berupaya membenahi sendiri dan ahirnya *Glodhag*. Saya jatuh dari atap sekitar 4 meter, kemudian di rawat di RS hingga 1 bulan saya harus istirahat dari aktifitas. Di uji lagi deh, gumam saya dlm hati.
 
Saat itu saya sudah benar benar terpuruk, mulai kehilangan teman, saudara dan kolega. saat saat seperti itu justru ibu saya sedang membutuhkan saya. hubungan saya memang agak kurang baik sejak dulu, di tambah lagi dgn keadaan spt itu semakin hancur lagi hubungan antara anak dan orang tua. sebelum terpuruk lebih dalam lagi saya berupaya menyelesaikan urusan saya dgn pihak bank maupun urusan utang ke person, satu satu saya datang dan saya bercerita tentang keadaan yg saya alami, saya bilang, “Utang tetaplah utang dan akan saya selesaikan, tapi ga tau kapan bisa saya selesaikan”. Pihak banknya cuma bengong aja, belum ada solusi apa apa.

Saat pihak bank bilang “sayang kalau macet mas, namanya mas madkhan udah di kenal sama bank, kalau kena black list kan sayang..” saya bilang kalau saya di blacklist dan ga bisa ngutang malah alhamdulillah, Allah jauh lebih kaya…🙂

Saya mulai paham, bahwa cara yg saya upayakan adalah salah, bahkan saya mendatangi kyai utk minta penangkal itu juga salah besar. Kemudian saya teringat dg nama seorang ustadz yg sering ngomongin keajaiban doa, sedekah dan sholat jamaah. saya datangi aja ke kantor yayasan tsb, namanya yayasan Darul Qur’an. di situ saya bercerita panjang lebar mengenai hal yg saya alami, kemudian saya di sodori lembaran yg berisi daftar 10 dosa besar. mulai dari dosa _syirik, durhaka, Khomr, Riba dll,_ kemudian saya analisa sendiri, ternyata paling besar yg ada dlm diri saya adalah ribawi yg saya bangun selama kurang lebih 9 tahun itu.

Pulang dari _Darul Qur’an_ saya langsung cari masjid kemudian saya lakukan sholat taubat, oleh oleh dari _Darul Qur’an_ adalah saya harus melakukan _Riyadhoh 40 hari_, kemudian solusi selanjutnya saya harus merelakan aset yg selama ini menjadi kebanggaan harus saya jual satu persatu, mulai toko, mobil, ya apa ajalah yg bisa saya jual.

Saat yg bersamaan anak saya ke 2 sama dokter di vonis “tuna rungu”, maka semakin hancur berantakan berkeping keping hidup saya. Saat itu pula debt coollector mulai berdatangan, dan tidak hanya 1 atau 2 dalam sehari mereka datang ke rumah, tapi ada 7 DC dri bank yg berbeda yg tiap hari datang selama 1 tahun tanpa ada jeda. tiap ada yg datang saya tetep kooperatif, ga pernah saya sembunyi dari kejaran DC, saya bilang ke mereka “mas…. kalau sampeyan datang kesini membawa solusi silahkan masuk, tapi kalau sampeyan kesini minta uang silahkan pergi, saya ga punya uang”.

Saat itu saya sudah merintis usaha baru yaitu produksi tas, dg modal mesin jahit pinjaman dari mertua, dari adik, sama beli mesin jahit seken jelek jelekan. sambil menunggu keajaiban saya tetep semangat bekerja keras dan saya terus mendekat kepada Allah, riyadhoh yg di sarankan saya jalani dg sepenuh hati dg keyakinan yg full, bahkan selama itu saya tiap jam 11 siang udah di masjid iseng iseng menghindari DC sekalian ibadah. hehehe…. ya maqom saya baru segitu ya udah gpp, terserah orang mau bilang apa. udah dapat 6 bulan nih angsuran saya macet, saya tidak berhenti berdoa, tidak berhenti mencari teman yg baik sebab komunitas itu juga sangat penting, saat terpuruk sangat di butuhkan suplort dari suami/istri dan keluarga besar, terutama doa seorang ibu.

Lepas bulan ke 6 Allah mulai menunjukan pertolongan-Nya, saat saya rajin berdoa dhuha “jika rizki hamba masih jauh maka dekatkanlah” maka Allah juga menujukan jalan rizki itu, ketika saya berdoa “jika rizki hamba masih haram maka sucikanlah” itupun relatif singkat Allah mengabulkan, barang barang yg saya beli melalui CC, leasing atau hasil dari kredit bank satu satu mulai hilang, rusak atau di tarik sama pihak bank. yg luar biasa itu ketika Di beri kesempatn utk pergi umroh, doa utama saya saat di roudhoh adalah “ya Allah… berikan kamampuan dan kemudahan kepada saya utk membayar hutang” Allah tidak butuh waktu lama utk menjawab doa doa saya, saat saya meninggalkan madinah Allah langsung menjawab dg cara saya di SMS teman saya “kamu ga lupa sama hutangmu kan…..? cuma mengingatkan saja” rrrruuuuuuaaarrrrrrbyasah cara Allah mengabulkan doa kita. subhanallah
.. wal hamdulillah…. wa laa ilaa ha illallahu Allahuakbar, Sekarang Allah menjukan pertolongan-Nya kepada HAmba yg selalu mendekat.

SAya tidak pernah lagi menganggap suatu musibah atau kesulitan itu ujian, tapi semua saya anggap sbg adzab dari Allah, dg begitu maka kita akan segera bertaubat kepada Allah.

Masih panjang sih sebenarnya pengalaman saya tentang bagaimana saya menyelesaikan hutang di bank yang saya anggap sudah luar biasa banyaknya jika di bandingkan dg usia saya saat itu. 

Saudaraku…… teruslah mendekat kepada Allah, sertakan Allah dlm segala hal, jika kita melakukan dosa, maka segeralah bertaubat, jika kita punya keinginan maka jangan lupa kerjakanlah sholat hajat, jika Allah memanggil melalui muadzin makan tidak ada kepantasan bgi kita utk menunda. jangan… jangan lagi melayani ajakan perang melawan Allah da rosul-Nya.

Agar tidak salah langkah lagi dalam mengelola Harta, kita harus belajar terlebih dahulu.

===========================

Ikuti Seminar Perdana dari Komunitas 
*MASYARAKAT TANPA RIBA KALTIM*
_*”SUKSES MENGEMBANGKAN HARTA TANPA RIBA”*_
Fasilitator Bapak Samsul Arifin. _The First Syariah Business Coach In The World_
Tanggal : 10 September 2016

Jam        : 08.00 – 18.00

Lokasi    : Ballroom Hotel Novotel

                  Jl. Jend. Sudirman Balikpapan
HTM

Early Bird : Rp 400.000 (Individu)
                    Rp 600.000 (Suami Istri)

#berlaku s.d tgl 22 Agustus 2016
Normal     : Rp 600.000 (Individu)

                    Rp 900.000 (Suami Istri)
Bayar ditempat : Rp 750.000/orang
Fasilitas :

– 2 x Coffee Break

– 1 x Lunch

– Seminar kit

– Ilmu yang bermanfaat

– Relasi bisnis baru

– Juga mempererat tali silaturahim sesama muslim
Informasi pendaftaran melalui Telp / SMS
Format daftar :
Daftar_MTR_Nama_Domisili
Kirim sms ke : 0812-532-0890 atau

           WA 0811-544-6550
Support by :

– SyaREA World

– Masyarakat Tanpa Riba Indonesia
Pembayaran Pendaftaran :
Bank BNI Syariah Balikpapan

No Rek 0320324329

A/n bp Yunan Mahmudin

Tentang ridwansyah

Guru hoby membaca, berkebun.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

