salafi terpecah 4

ALIRAN “SALAFY” TERPECAH MENJADI 4 KELOMPOK.
✍ Oleh: Gunawan Al-Ghuroba’
Setahu saya (selama saya menjadi bagian dari mereka), kelompok yang mengaku-ngaku SALAFY (pengikut Salaf) sampai saat ini terpecah menjadi 4 bagian/kelompok. diantaranya adalah:
1. Salafi Rodja (majalah As-Sunnah, Majalah Al-Furqon, Majalah Mawaddah, Majalah Nikah, & Majalah El-Fata) DI TAHDZIR (di anggap sesat) oleh komunitas Salafy pimpinan Ustad Muhammad Umar As-Sewed & Ustad Luqman Ba’abduh (majalah Asy-Syari’ah).
2. Salafi kelompok Ustadz As-Sewed dkk DI TAHDZIR (dianggap Hizbiyyah & sesat) oleh Jama’ah Salafi Yaman pimpinan Syaikh Yahya Al-Hajuri yang berpusat di Markaz Darul Hadits, Dammaj.
3. Sebagian da’i Salafi pimpinan Ustad Muhammad Umar As-Sewed ada yang mulai bergabung/berdekat-dekat dengan kelompok Salafi Rodja, lalu dianggap MLM (mutalawwin la’ib makir) oleh mereka (As-Sewed cs). diantaranya Ustad Zulkarnain Muhammad As-Sanusi Makassar, Ustadz Ja’far Shalih Depok, Ustad Harits Abu Naufal Aceh, dll. 
4. Kelompom Salafy Jihadi pimpinan Ustad Ja’far Umar Thalib (sang panglima Laskar Jihad) DI TAHDZIR oleh semua kelompok “SALAFY” di atas (no 1, no 2 dan no 3) sebagai khawarij. Diantara alasannya karena Ustad Ja’far Umar Thalib mendeklarasikan Laskar Jihad ke Ambon dalam rangka menolong kaum muslimin yang di bantai dan menganggap bahwa Pemerintahan Indonesia ini adalah pemerintah Thoghut yang kafir.

.

NAH, mereka ber-empat ini saling menjatuhkan, saling memvonis sesat. Ditambah lagi setelah salah satu Syaikh besarnya mereka (yaitu Ali Hasan Al-Halabi) di vonis sesat/menyimpang oleh komisi fatwa resmi arab saudi ( al-lajnah ad-da’imah ) karena dianggap membawa pemikiran murji’ah, maka hubungan antara kelompok Salafy pimpinan Ustad As-Sewed dan Komunitas Rodjaliyyun semakin memanas…

.

Catatan pentingnya adalah, bahwa fakta penting ini tidak di ketahui oleh mereka-mereka para pemula dan pengikut setianya yang baru ngaji atau baru ikut taklim. Tidak akan pernah mereka publish juga. Mereka selalu menutupi PERPECAHAN mereka ini guna mencari simpatisan sebanyak-banyaknya. Tapi bagi kami dan siapa saja yang berjalan bersama mereka dengan waktu yang lama, panjang, dan tidak singkat, maka akan mudah mengenali seluk beluk kelompok ini berikut para pelaku sejarahnya.
Yang jadi pertanyaan adalah, apakah mereka pantas menyandang gelar “Salafy” yang berarti para pengikut jejak Salafus Shalih? ? Karena yang namanya ahlus sunnah atau pengikut Salaf itu tidak akan mungkin TERPECAH BELAH (apalagi sampai saling sesat-menyesatkan sesama mereka). Justru ahlul bid’ah lah yang terpecah-belah. Jangankan ustad di luar kelompoknya, lah wong satu kelompok saja masih saling menjatuhkan dan membid’ahkan.. Apalagi yang di luar kelompok mereka ? ! Pantas jika mereka mentahdzir Ustad Adi Hidayat, Ustad Oemar Mita, Ustad Farid Okbah, Ustad Abdullah Hadrami, Ustad Khalid Basalamah, Ustad Muhammad Zaitun Rasmin, Ustad Bachtiar Nasir, Ustad Abdud Shomad,Lc, Ustad Maaher At-Thuwailibi, dll. Ini logika sederhananya.

.

Jadi, menurut kami mereka adalah SALAFI (pemgikut Salaf). tapi karena mereka terpecah-belah dan saling menjatuhkan sesama mereka (ditambah lagi akhlaq dan perangai para da’inya yang buruk dan kurang bersahabat dengan masyarakat), maka mulai saat ini kami sebut mereka TALAFI. sebagaimana yang di katakan Ustad Harman Tajang,Lc beberapa waktu lalu.
( Pasti baper kan di bilang kaya gini.. Ngga usah marah lah, karena ini adalah fakta.. Ngga percaya ? Silahkan tanyakan ke Ustad Abdul Hakim Abdat salah satu ‘mufti’-nya Rodja bagaimana pandangan mereka terhadap Ustad Muhammad Oemar As-Sewed dan juga sebaliknya. dengan syarat jangan ‘Taqiyyah’ ya..😃 )

Tentang ridwansyah

Guru hoby membaca, berkebun.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s