Totorial

Tutorial Look@lan.
Look@lan adalah sebuah software untuk mengontrol jaringan komputer. Dengan software ini kitda dapat melihat IP Address, status, distance, operating system yang digunakan, hostname, netBIOS name, netBIOS user, SNMP status dan Trap. Selain fasilitas diatas, Look@LAN juga menampilkan informasi host yang sedang online/offline, operating system yang digunakan, NetBIOS dan SNMP yang ditampilkan dalam bentuk grafik. Look@lan dapat didownload website http://www.lookatlan.com atau di link berikut ini http://download.cnet.com/3001-2085_4-10145550.html?spi=5e97613cab5cd72b03057e5017e34b0f.

Setelah menginstall look@lan, pertama kali yang harus dilakukan adalah membuat profile dengan mengisi nama pada kotak profile name. selanjutnya isilah manual setting ip. IP yang diisi adalah ip yang akan dilihat. Apabila binggun mengisi IP ini, caranya adalah lihat berapa ip yang ada dalam interface list.  Dalam gambar diatas terlihat ip yang digunakan oleh hotspot mulai 192.168.2.100. Masukan angka ini di box from ip dan isikan 192.168.2.224 pada box to ip. Artinya looklan akan memonitor penguna ip dari 100 sampai dengan 224.

Looklan akan menampilkan hasil scan range ip yang kita masukan dan menampilkan daftar koneksi internet. Untuk mengetahui aktifitas yang dilakukan oleh ip tertentu, cukup klik dua kali ip dimaksud dan looklan akan menampilkan informasi status ip dimaksud.

Bagaimana membedakan IP kita dengan IP penguna komputer yang lain. Untuk mengetahui IP kita ketikan CMD pada run Command pada menu start. Ketikan ipconfig dalam prompt command. Angka yang muncul pertama kali adalah ip kita.

Selamat mengunakan Looklan.

Balikpapan,  Juni 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s